Rabu, 09 Mei 2012

Lalu Apa??


Entah ada hubungannya sama blog ini atau enggak, tapi akhirnya saya sudah berhasil menyelesaikan satu tulisan yang penting dalam sejarah  studi  saya, yang dulu semangat penulisannya sempat saya hubung-hubungkan dengan langkah saya membuat dan menulis di blog ini.

Pastinya setelah menyelesaikan tulisan itu, sekarang saya sudah melewati masa studi saya di bangku kuliah selama kurang lebih lima tahun, cukup lama pasti bila diukur dari standar sepengetahuan orang-orang pada umumnya, tapi jujur saja meskipun telah tergolong cukup lama, saya masih enggan melangkah keluar. Pun bila bukan karena desakan dari orang tua, saya pasti masih santai-santai saja bergaul kian kemari dengan teman-teman kuliah dan juga dengan tugas akhir yang sebenarnya menjemukan itu.

Ketika memang sudah selesai begitu saja, saya bilang begitu saja karena saya tidak merasakan kelegaan luar biasa ketika keluar dari ruang sidang kala itu, atau ketika mendapatkan tanda tangan acc dari para penguji tanda kelulusan, atau ketika nama saya telah terdaftar dalam daftar nama wisudawan, saya malah merasa bimbang, bingung tak pasti. Bukan, bukan berati saya tidak lega, bukan berati saya tidak senang, lega tentu saja, senang juga iya, tapi... ada yang menahan saya untuk senang maksimal, ketika sahabat, teman dekat saya masih harus bergulat dengan tugas itu saya merasa agak hampa (iya hampa) untuk tidak bisa lulus bareng mereka, ketika setelah ini entah apa yang akan saya lakukan, dan ketika saya mungkin harus segera beranjak dari sini, dari semua kenyamanan kota ini, dari hangatnya cinta dan persahabatan, dari wajah-wajah yang jujur saja ternyata saya suka sekali memandanginya setiap hari…

Bukannya tidak siap menghadapi masa depan, bukannya tanpa tujuan hidup, bukannya malas bekerja. Setelah kuliah selama ini, saya tahu bidang apa yang ingin saya saya geluti, saya tahu saya ingin kerja apa dan dimana, saya tahu bagaimana cara saya menghasilkan karya pada nantinya. Namum semua itu seperti mengambang, karena memang belum ada yang pasti…

Maka itulah pertanyaan besar yang mendasari tulisan yang mengambang ditengah keharuan mendekati saat-saat perpisahan ini, lalu apa yang akan saya lakukan setelah ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar